Efektivitas Program Pelayanan Sosial Anak di Lembaga Ditentukan Oleh Kapasitas Manajerial Pengelola LKSA

PADANG- “Pengurus LKSA perlu meningkatkan kapasitas manajerial yang dimilikinya agar dapat mengelola institusinya secara maksimal sehingga dapat berkontribusi optimal dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial. Efektif tidaknya program pelayanan sosial di LKSA akan sangat tergantung dari kualitas pengelolaan sumber internal maupun eksternal dari institusi dan pendayagunaannya untuk mendukung pelaksanaan program yang telah dicanangkan.”

Demikian poin sambutan yang disampaikan oleh Kepala Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Regional I Sumatera, Drs. GRM. Soerjo Darsono, MH ketika membuka secara resmi kegiatan Diklat Manajemen Lembaga Kesejahteraan Sosial bagi Pengurus Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak (LKSA) Tahun 2018 di Ruang Kelas BBPPKS Regional I Sumatera di Pauh, Padang, Selasa (27/3).

Lebih jauh disampaikan oleh GRM, bahwa keberhasilan penyelenggaraan kesejahteraan sosial akan sangat dipengaruhi oleh kualitas kinerja dan pengelolaan lembaga-lembaga penyedia layanan sosial bagi masyarakat yang membutuhkan. Lembaga Kesejahteraan Sosial, baik pemerintah maupun swasta merupakan Potensi Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) yang berperan sebagai ujung tombak dalam memberikan pelayanan sosial secara langsung.

Menyadari arti pentingnya Lembaga Kesejahteraan Sosial dalam Pembangunan Kesejahteraan Sosial, BBPPKS Regional I Sumatera yang memiliki cakupan wilayah kerja sebanyak 8 (delapan) provinsi menyelenggarakan kegiatan Diklat Manajemen Lembaga Kesejahteraan Sosial bagi Pengurus LKSA yang berada di wilayah regional Sumatera.

Kegiatan dengan muatan kurikulum 80 jamlat ini akan berlangsung dari tanggal 26 Maret s.d 4 April, dan diikuti oleh 30 orang peserta ini antara lain bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan skill peserta dalam hal penguasaan keterampilan sebagai manajer, yang mencakup skill teknis, interaksi antar personal (human), dan konseptual; serta meningkatkan pemahaman mereka tentang komponen-komponen utama dalam manajemen LKSA.

Pada bagian akhir sambutannya, GRM menuturkan bahwa dengan pelaksanaan diklat ini, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan nilai tentang manajemen LKSA, sehingga tujuan peningkatan kapasitas SDM Kessos dapat tercapai. (*)