BBPPKS Regional I Sumatera Gelar Diklat MPKS untuk Mencetak SDM Aparatur Kesos yang Handal dan Profesional

Padang, (29/10/2019)—Pemerintah memiliki tanggung jawab dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial antara lain: merumuskan kebijakan dan program penyelenggaraan kesejahteraan sosial, menyediakan akses penyelenggaraan kesejahteraan sosial, melaksanakan rehabilitasi sosial, jaminan sosial, pemberdayaan sosial, dan perlindungan sosial sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan, memberikan bantuan sosial sebagai stimulan kepada masyarakat yang menyelenggarakan kesejahteraan sosial, mendorong dan memfasilitasi masyarakat serta dunia usaha dalam melaksanakan tanggung jawab sosialnya, meningkatkan kapasitas kelembagaan dan sumber daya manusia di bidang kesejahteraan sosial, mengembangkan jaringan kerja dan koordinasi lintas pelaku penyelenggaraan kesejahteraan sosial tingkat nasional dan internasional dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

Tanggung jawab pemerintah dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial menjadi tanggung jawab pejabat struktural jenjang pimpinan pratama, administrator dan supervisor. Dalam melaksanakan tanggung jawabnya pejabat struktural jenjang pimpinan pratama, administrator dan supervisor perlu ditingkatkan kompetensinya terutama kompetensi teknis. Untuk meningkatkan kompetensi teknis diperlukan pelatihan peningkatan pemahaman terhadap pengetahuan (brainware), keterampilan (software), dan sikap (hardware)dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial.

Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Regional I Sumatera meningkatkan skill dan kompetensi SDM Aparatur Penyelenggara Kesejahteraan Sosial di wilayah Regional Sumatera melalui kegiatan Diklat Manajemen Pembangunan Kesejahteraan Sosial (MPKS) yang diselenggarakan mulai tanggal 28 Oktober s.d 6 November 2019.

Diklat dibuka oleh Kepala BBPPKS Regional I Sumatera, Beni Sujanto di Ruang Kelas Pustaka pada hari Selasa pagi (29/10). Acara pembukaan dihadiri oleh pejabat structural dan fungsional di lingkungan BBPPKS Regional I Sumatera.

Diklat yang ditujukan bagi Pejabat Struktural Eselon IV Jenjang Supervisor ini diikuti oleh 30 orang SDM Aparatur berasal dari Dinas Sosial, Balai Rehabilitasi Sosial dan UPTD Panti di Wilayah Regional Sumatera diantaranya dari Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Bengkulu, Riau, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Barat dan Sumatera Selatan.

Selama 10 hari kegiatan, peserta akan dikembangkan pengetahuan dan keterampilannya dalam hal Pembangunan Penyelenggaraan Kesejahteraan Sosial oleh Widyaiswara BBPPKS Regional I Sumatera, melalui materi-materi sebagai berikut: Kebijakan Pembangunan Kesos, Kapita Selekta Pekerjaan Sosial, Analisis Masalah Sosial, Perencanaan, Pengorganisasian, Penggerakan dan Pengendalian dalam Penyelenggaraan Kesos.  Selain materi teknis dan teoritis di kelas, peserta juga akan diajak melihat secara langsung penerapan Konsep Pembangunan Kesejahteraan Sosial pada tiga unit instansi yang berbeda melalui kegiatan Praktek Belajar Lapangan yang dilaksanakan selama 2 hari, dengan lokus Dinas Sosial, UPTD Panti Sosial dan Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan di Kabupaten Tanah Datar. Dengan PBL, peserta dapat melihat dan membandingkan tidak hanya kelebihan tetapi juga kekurangan dari masing-masing instansi tersebut dalam penerapan Pembangunan Kesos sebagai pembelajaran. Hasil PBL peserta kemudian akan diseminarkan dan dibuat Rencana Tindak Lanjutnya.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan SDM Aparatur Kesos di Regional Sumatera sosial semakin handal dan professional dalam penyelenggaraan kesejahteraan sosial dan memberikan pelayanan sosial kepada masyarakat.