Inovatif dan Kompetitif untuk Kesejahteraan Sosial (Innovative and Competitive for Social Welfare)

Diklat Manajemen Kesos bagi Pengelola LKSA

Dipublikasi pada Friday, 19 June 2015 oleh hendri

Lembaga Kesejahteraan Sosial adalah lembaga pelayanan kesejahteraan sosial yang memiliki tugas dan fungsi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia dan memberdayakan penyandang masalah kesehjateraan kearah kehidupan yang normatif secara fisik, mental dan sosial. Kebijakan pemerintah dalam menangani Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), diarahkan kepada upaya penyelamatan, pemulihan dan kemandirian dalam taraf hidup kesejahteraan sosial yang layak dilaksanakan melalui sistem dalam lembaga dan non lembaga. Hasil yang telah dicapai melalui lembaga kesejahteraan sosial dirasakan belum optimal karena perkembangan jumlah dan sebaran permasalahan sosial jauh lebih cepat bila dibandingkan dengan daya jangkau, kapasitas dan kemampuan pelayanan kesejahteraan sosial yang dilaksanakan oleh lembaga kesejahteraan sosial pemerintah maupun swasta.



Alasan utama lembaga kesejahteraan sosial swasta memiliki potensi stategis, yaitu sebagai wujud organisasi pelayanan sosial/kemanusiaan yang merefleksikan tanggung jawab dan kepedulian sosial dalam penanganan PMKS. Dalam kondisi kemampuan sumber daya, sarana dan prasarana yang terbatas untuk menangani PMKS, upaya untuk meningkatkan kualitas manajemen pelayanan kesejahteraan sosial melalui lembaga kesejahteraan sosial selayaknya memperhatikan prinsip-prinsip efesiensi dan efektifitas pelayanan. Berkaitan dengan hal tersebut untuk pelayanan kesejahteraan sosial melalui lembaga kesejahteraan sosial swasta diperlukan perencanaan program dan kegiatan pelayanan, pelaksanaan program dan kegiatan pelayanan sesuai standar pelayanan lembaga kesejahteraan. Manajemen pelayanan sosial yang baik dan memenuhi standar pelayanan lembaga kesejahteraan, maka profesionalitas melalui pendekatan sistem lembaga kesejahteraan akan dapat diwujudkan. Kegiatan Diklat Manajemen Kesos bagi Pengelola LKSA diselenggarakan selama 10 (sepuluh) hari atau 80 jam pelatihan @45 Menit.

Posted in Pendidikan dan Pelatihan

Associated Topics

Pendidikan dan Pelatihan

"Diklat Manajemen Kesos bagi Pengelola LKSA" | Login/Daftar | 0 komentar
Isi komentar adalah tanggung jawab masing-masing pengirimnya.

Anda tidak dibolehkan mengirim komentar, silakan daftar di sini