Pertemuan Penguatan Pelaksanaan Zona Integritas di BBPPKS Regional I Sumatera

PADANG (15/11), Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Kesejahteraan Sosial (BBPPKS) Regional Sumatera menggelar Pertemuan mengenai Penguatan Pelaksanaan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi/Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBK/WBBM) di ruang rapat utama Balai Pauh, Rabu malam (14/11).

Kegiatan dibuka oleh Kepala BBPPKS Regional I Sumatera, GRM Soerjo Darsono. Hadir sebagai Narasumber kegiatan, Inspektur Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Sosial RI, Budiana, yang didampingi oleh Tim Penilai WBK/WBM dari Itjen. Kegiatan dihadiri oleh para pejabat eselon III dan IV serta para anggota Satuan Tugas (Satgas) Rencana Aksi Pembangunan Zona Integritas BBPPKS Regional Sumatera.  

Kehadiran tim penilai Itjen selama 3 hari ini (tgl. 13 s.d 15 November 2018) di Padang selain untuk memberikan pendampingan terkait Pembangunan Zona Integritas  juga untuk mengevaluasi sejauh mana pelaksanaan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM di BBPPKS Regional I Sumatera.  

Dalam kesempatan itu, juga terjadi prosesi penyerahan hasil evaluasi Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM dari Ketua Tim Penilai Itjen kepada Kepala BBPPKS Regional I Sumatera. Berdasarkan hasil evaluasi dari Tim Penilai Inspektorat Jenderal, BBPPKS Regional I Sumatera tahun ini memperoleh skor 80,13 untuk Pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM.  Apabila dibandingkan dengan skor yang diperoleh pada tahun sebelumnya dimana BBPPKS Regional Sumatera memperoleh skor 73,52, terjadi peningkatan yang cukup signifikan yaitu sebesar 6,61 poin. Hasil ini tidak terlepas dari komitmen tim satgas dan seluruh komponen BBPPKS Regional I Sumatera untuk focus pada pembenahan aspek-aspek dan komponen yang menjadi unsur penilaian Zona Integritas yang tertuang dalam  Matriks Rencana Aksi (Action Plan) Pengembangan Zona Integritas yang telah disusun BBPPKS Regional I Sumatera sebelumnya (April 2018).  Dengan hasil yang diperoleh saat ini, semoga harapan BBPPKS Regional Sumatera untuk menjadi salah satu satker Kementerian Sosial yang mencapai WBK/WBBM dapat segera tercapai. ***