BBPPKS REGIONAL I SUMATERA GELAR DISKUSI MASALAH ANAK

Fenomena masalah sosial anak seperti kasus penculikan dan perdagangan anak, kekerasan pada anak, pencabulan dan perkosaan anak, balapan liar, tawuran, kecanduan game online dan penggunaan napza yang belakangan ini marak terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia, tidak terkecuali kota Padang, mengundang kekhawatiran dan keprihatinan dari para orang tua dan berbagai pihak yang peduli pada anak.

BBPPKS Regional I Sumatera melalui Instalasi Laboratorium Praktek Profesi Pekerjaan Sosial dan Media yang selama ini concern dalam penanganan masalah anak di Kota Padang dengan Program Rumah Cerianya mengadakan acara Diskusi Terbuka tentang Perlindungan Anak pada Selasa Sore (26/2) dengan mengundang berbagai pihak/lembaga yang berhubungan langsung dalam penanganan masalah anak, diantaranya Binmas Polda Sumatera Barat, Badan Narkotika Nasional Provinsi Sumatera Barat, Dinas Sosial Kota Padang, Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (UPPA) Poltabes Kota Padang, Dinas Sosial Provinsi Sumatera Barat, Prodi Psikologi Universitas Andalas, dan Sakti Peksos Kota Padang untuk duduk bersama membahas fenemona masalah social anak yang sedang marak.

Peserta yang hadir tidak hanya sharing pengalaman dan informasi tentang penanganan kasus perlindungan anak tetapi juga mencoba mencari solusi yang tepat dan antisipatif untuk mencegah bertambah luasnya permasalahan anak. Dalam diskusi juga disinggung langkah-langkah yang dilakukan Pemerintah Kota Padang untuk menjadi Kota Layak Anak.

Untuk memperkuat wawasan dan pengetahuan peserta yang hadir tentang perlindungan anak, BBPPKS Regional I Sumatera mengundang Hadi Utomo, seorang Pegiat Perlindungan Anak dari Yayasan Bahtera (Bina Sejahtera Indonesia) sebagai Narasumber kegiatan. Materi yang diberikan antara lain mengenai Konvensi Hak-Hak Anak.

Acara diskusi ini diharapkan dapat meningkatkan jejaring kerja yang telah terjalin dalam penanganan perlindungan anak. Sebagai informasi, Program Rumah Ceria yang diselenggarakan Instalasi Laboratorium Praktikum Profesi Pekerjaan Sosial dan Media BBPPKS Regional I Sumatera selama ini menggandeng Program Studi Psikologi Universitas Andalas (UNAND) dan pihak kepolisian dalam kerjasama memberikan konseling anak dan melakukan pendampingan terhadap kasus-kasus anak berhadapan dengan hukum baik anak yang menjadi korban maupun pelaku yang terjadi di Kota Padang.

Menurut Kepala BBPPKS Regional I Sumatera, Beni Sujanto, acara ini merupakan sebuah awalan, masih ada pertemuan-pertemuan selanjutnya untuk menyepakati dan mematangkan action plan dari masing-masing instansi yang hadir dalam rangka mewujudkan kota Padang sebagai kota yang ramah anak.